hpn2024
BeritaKota Tangerang

Cegah Stunting, Dinkes Gelar Gerakan Ibu Hamil dan Sehat

412
×

Cegah Stunting, Dinkes Gelar Gerakan Ibu Hamil dan Sehat

Sebarkan artikel ini
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar Gerakan Ibu Hamil dan Sehat secara serentak di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan pada tanggal 14-22 Desember 2022, sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini serta penurunan resiko kesehatan pada ibu hamil. 
Pemeriksaan ibu hamil di salah satu rumah sakit di Kota Tangerang. (Foto : Humas Pemkot Tangerang untuk TangerangDaily)
Bagikan:

KOTA TANGERANG | TD — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar Gerakan Ibu Hamil dan Sehat secara serentak di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan pada tanggal 14-22 Desember 2022, sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini serta penurunan resiko kesehatan pada ibu hamil.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Indri Bevy menyampaikan kegiatan ini merujuk pada Kementerian Kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara gratis.

“Gerakan Nasional Ibu Hamil dan Sehat ini merupakan kegiatan Kementerian Kesehatan yang digelar di seluruh fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) berupa pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara gratis. Guna mencegah stunting sejak dini dan menjaga kondisi ibu hamil agar tetap sehat,” jelas dr. Indri, Kamis 15 Desember 2022.

Sementara itu, Puskesmas Panunggangan ikut serta dalam kegiatan Gerakan Ibu Hamil dan Sehat dengan pelayanan pemeriksaan USG, cek darah, pemberian vitamin dan penyuluhan kehamilan kepada pasien.

“Dalam rangka Gerakan Ibu Hamil dan Sehat, kami memberikan pelayanan seperti pemeriksaan USG, cek triple eliminasi berupa cek darah untuk hepatitis, HIV, pemberian vitamin, penyuluhan kehamilan serta konsultasi gizi. Dimana kegiatan ini dibuka setiap hari dari tanggal 14 Desember hingga 22 Desember 2022 pada jam kerja,” ujar Penanggung Jawab KIA, dr. Shirin Syailandira Umri.

Selain itu, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Banten, dr. Dhika Prabu Armadhanu, SpOG(K) turut berperan serta dalam memberikan pemahaman kepada ibu hamil untuk menjaga kesehatan kandungannya.

“Kita mendorong agar para ibu hamil dapat lebih aware terhadap kesehatannya, juga memberikan edukasi apa saja yang harus dilakukan ibu dalam menjaga kandungannya. Seperti, waspada terhadap gerakan bayi dalam kandungan, berat badan yang kurang atau bahkan lebih, maka harus diwaspadai,” ucap dr. Dhika (Ril)

Bagikan: