6 Juta Pemudik akan Padati Bandara Soekarno-Hatta pada Lebaran 2022

Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi mengatakan sebanyak 6 juta pemudik akan memadati Bandara Soekarno-Hatta pada periode angkutan Lebaran tahun ini.
Ilustrasi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (TangerangDaily)
Bagikan:

BANDARA | TD — Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi mengatakan sebanyak 6 juta pemudik akan memadati Bandara Soekarno-Hatta pada periode angkutan Lebaran tahun ini.

Menurut Agus, perkiraan ini berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, pemudik diperkirakan mencapai kurang lebih 85 juta orang. Sebanyak 9,7juta orang di antaranya menggunakan moda transportasi udara.

Bacaan Lainnya

“Kalau kita kalkulasi berdasarkan sebaran, kurang lebih 65 persen akan terbang dari Soekarno-Hatta, jadi kurang lebih 6 juta pemudik,” kata Agus, Jumat 22 April 2022.

Jika dibandingkan musim mudik sebelumnya, Agus memastikan pada musim mudik Lebaran tahun ini terjadi lonjakan yang cukup signifikan. “Dua tahun tidak mudik karena ada pembatasan disebabkan pandemi, tahun ini akan luar biasa,” ujarnya.

Menurut Agus, tren peningkatan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta saat ini terus naik sejak kebijakan wajib PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan penumpang pesawat dihapuskan Maret lalu. “Trennya terus naik dari 60 ribu per hari hingga 100 ribu per hari dan sempat mencapai angka tertinggi 123 ribu selama pandemi,” ucapnya.

Selama Ramadan ini, kata Agus, tren penumpang pesawat berkisar di antara 90 ribu-100 ribu per hari. “Dan ini akan terus naik mulai H-7 lebaran dan hingga puncaknya pada 28 atau 29 April kami prediksi mencapai 169 ribu penumpang per hari,” ujarnya. (Faraaz/Rom)

Bagikan:

Pos terkait