Pendaftaran Pasien RSUD Banten Bisa Via Aplikasi Si Palawa, Berikut Caranya

Pemerintah Provinsi Banten melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten meluncurkan aplikasi sistem pendaftaran dan layanan lewat WhatsApp (Si Palawa). Fasilitas ini bisa digunakan pasien atau masyarakat Banten yang akan berobat di RSUD Banten.
Ilustrasi Aplikasi Si Palawa RSUD Banten (TangerangDaily)
Bagikan:

BANTEN | TD Pemerintah Provinsi Banten melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten meluncurkan aplikasi sistem pendaftaran dan layanan lewat WhatsApp (Si Palawa). Fasilitas ini bisa digunakan pasien atau masyarakat Banten yang akan berobat di RSUD Banten.

Melalui aplikasi Si Palawa, pasien tidak perlu lagi repot-repot mengantre untuk melakukan pendaftaran pada loket jaga rumah sakit, karena saat ini, proses pendaftaran di RSUD Banten sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp. Termasuk menentukan waktu bertemu dokter, semua bisa dilakukan melalui aplikasi Si Palawa.

Pendaftaran melalui Si Palawa berlaku bagi pasien rawat jalan maupun rujukan.

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, terobosan yang dilakukan Pemprov Banten melalui RSUD Banten ini sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat yang akan berobat pada fasilitas-fasilitas kesehatan milik Pemprov Banten, khususnya di RSUD Banten.

Aplikasi ini diluncurkan sebagai ikhtiar untuk memutus penyebaran virus Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

Aplikasi Si Palawa, menurut Al Muktabar, bukti hadirnya pemerintah daerah untuk memberikan layanan semaksimal kepada masyarakat.

“Layanan digital ini diharapkan bisa berjalan dengan baik, apalagi di tengah situasi pandemi yang belum selesai ini, sehingga kita harus mengatasi kerumunan, kita luncurkan layanan dan terjadwal dalam kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan,” terang Al Muktabar saat membuka pelaksanaan imunisasi anak nasional dan launching Si Palawa serta sosialisasi program nasional RSUD Banten Tahun 2022 di lantai dasar gedung garuda RSUD Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (1/8/2022).

Al Muktabar juga mengajak kepada para orang tua untuk membawa anaknya ke tempat-tempat layanan kesehatan agar bisa mendapatkan imunisasi, mengingat imunisasi ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh balita atau anak.

“Karena di sana akan ditanamkan kemampuan dan daya tahan pada generasi ke depan kita agar anak-anak kita ini memiliki kekebalan tubuh atas berbagai hal penyakit yang dapat menyerang tubuh.

“Dengan begitu, generasi kita akan kuat dan tangguh, memiliki basis imun tubuh yanig kuat. Dengan tubuh yang kuat itu. Maka, kita yakin akan meneruskan bangsa ini yang lebih jauh kedepan,” tegasnya.

“Segera lakukan imuniasi, karena sudah dimulai 1 Agustus ini hingga September. Hal ini sebagai komitmen Pemda untuk meningkatkan imun tubuh masyarakat khususnya kepada generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Menurutnya, Pemprov Banten akan selalu hadir untuk memberikan layanan semaksimal mungkin dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Banten Ati Pramuji Hastuti mengatakan, salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki sebuah rumah sakit adalah sistem informasi. Di mana, sistem informasi RS tersebut terbagi menjadi tiga.

Antara lain, mengenai sistem informasi pelayanan pasien, sistem informasi registrasi dan sistem informasi pencatatan dan pelaporan.

Hadirnya Si Palawa RSUD Banten ini, sambung Ati, masuk pada sistem informasi mengenai pelayanan pasien. SI Palawa ini juga diyakini akan memudahkan masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan di RSUD Benten. Dengan begitu, pasien tidak harus mengantre di loket pendaftaran, baik untuk mendapatkan layanan kesehatan rawat jalan maupun rujukan di RSUD Banten.

“Melalui aplikasi Si Palawa, pasien bisa menentukan waktu kunjungan,” kata Ati yang menambahkan bahwa fitur lainnya dari aplikasi ini, pasien bisa mengetahui biaya berobat.

Direktur Utama RSUD Banten Danang Hamsah Nugroho mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan layanan kepada masyarakat yang ingin berobat di RSUD Banten.

Ikhtiar tersebut melalui tersedianya berbagai fasilitas di RSUD Banten, mulai dari gedung atau ruangan bagi pasien yang semakin banyak, termasuk fasilitas kesehatan bagi masyarakat yang ingin berobat juga semakin lengkap.

Sementara menu yang tersedia pada aplikasi Si Palawa RSUD Banten, kata Danang, di antaranya informasi mengenai daftar kamar, biaya berobat, jadwal dokter dan informasi layanan/berita. Menu lainnya cara mendaftarkan pasien rawat jalan dan survey kepuasan pelanggan.

Berikut Cara Pendaftaran Pasien RSUD Melalui Si Palawa

Danang menerangkan, cara menggunakan aplikasi Si Palawa, pasien menyimpan nomor layanan 087778000127.

Kemudian pasien bisa mengirimkan pesan dengan mengetikan kata ‘halo’. Selanjutnya akan muncul jawaban dari operator. Selanjutnya, ketik kata ‘info’ untuk memilih menu yang diinginkan.

Ketik ‘1’ untuk menu informasi, ketik ‘2’ untuk menu pendaftaran pasien rawat jalan, ketik ‘3’ untuk survey kepuasan pelanggan.

Bagi pasien yang membutuhkan pelayanan rawat jalan setelah mengetikan angka ‘2’, selanjutnya akan muncul tata cara pendaftaran pasien rawat jalan di RSUD Banten dengan mengetik, ‘nama’ dilanjutkan nomor ‘KTP’ dan tanggal lahir calon pasien. Namun, jika pasien belum memiliki KTP, bisa mengetikan ‘NAMA # – # tanggal lahir bulan dan tahun lahir lalu diakhiri dengan tanda #.

Setelah sukses melakukan pendaftaran, selanjutnya akan tampil daftar poli layanan di RSUD Banten, silahkan pilih poli yang dituju.

Poli layanan yang tersedia di RSUD Banten. Di antaranya, poli penyakit dalam, poli jantung, poli mata, poli bedah umum, poli bedah vaskuler. Lalu pilih waktu kunjungan yang anda pilih yang kemudian akan diikuti dengan notifikasi jika pendaftaran anda telah berhasil.bisa mengetahuinya melalui aplikasi Si Palawa.

“Di sana juga, pasien bisa mengisi keluhan dan masukan pelanggan,” pungkasnya. (ADV)

Bagikan:

Pos terkait