5 Tips Mengelola Stres di Tempat Kerja, Ternyata Air Wudu Salah Satunya

waktu baca 3 menit
Selasa, 4 Feb 2025 13:33 0 23 Patricia Pawestri

KESEHATAN MENTAL | TD – Tugas yang menumpuk, apalagi dengan deadline yang hampir tiba, tentu akan membuat pikiran menjadi tertekan atau stres. Tentu, pengelolaan stres menjadi kebutuhan agar diri tidak terus menerus merasa tertekan atau menimbulkan dampak negatif dalam pekerjaan. Oleh karenanya, 5 tips mengelola stres di tempat kerja berikut ini wajib kamu simak!

Stres sebenarnya hal yang wajar terjadi di tempat kerja. Namun, bukan berarti stres yang berlebihan atau terus menerus bisa dinormalisasi. Karena, stres dapat berdampak negatif terhadap performa kinerja. Hasil pekerjaan yang harus disetorkan ke atasan bisa menjadi buruk dan berantakan, bila stres terus melanda sementara kita harus bekerja.

Selain itu, stres yang berlarut dapat membuat fisik dan mental kita sebagai pekerja menjadi tak sehat. Tentu dampak selanjutnya dapat mengikuti. Persahabatan yang merenggang karena kita tak cukup mampu berempati, atau pekerjaan rumah serta hubungan dengan keluarga yang menjadi kurang harmonis dapat menjadi buntut dari ketegangan yang terus-menerus ada dalam pikiran.

Sebaiknya, stres mendapatkan pengelolaan yang baik. Tujuannya, agar kita kembali merasa nyaman, dapat menata fokus ketika bertugas, sehingga menjadi produktif di mana pun berada.

Berikut ini adalah 5 tips mengelola stres di tempat kerja yang dapat membantu untuk segar dan produktif kembali.

5 Tips Mengelola Stres di Tempat Kerja

1. Melakukan teknik napas yang membantu relaksasi.

Caranya dengan melakukan teknik bernapas 4-7-8. Yakni 4 detik menarik napas, dilanjutkan 7 detik menahan napas, dan 8 detik menghembuskannya. Ulangi teknik ini hingga kepala, yang tadinya penuh ketegangan, terasa kendor dan santai.

2. Mengobrol sejenak dengan rekan.

Interaksi sosial akan membantu pikiran lepas dari ketegangan. Mengobrol dengan rekan kerja dapat dilakukan sebentar saja atau hingga kita menyadari bahwa bibir kita mulai tersenyum kembali. Ini tandanya pikiran telah segar dan siap untuk bekerja kembali.

3. Menggerakkan badan di sekitar ruang kerja.

Menyempatkan diri berjalan mengelilingi meja kerja atau ruang kerja, misalnya, dapat membantu pikiran teralihkan dan melupakan sejenak beban dan ketegangan.

4. Melakukan “power pose“.

Rentangkan kedua tangan ke atas, seakan diri kita menguasai seluruh area di sekitar. Juga rentangkan kaki. Rasakan hingga otot-otot meregang dan rileks.

Selain meregangkan atau melemaskan otot yang tegang, posisi “power pose” ini juga dapat membantu tubuh melepaskan hormon testosteron, sekaligus mengurangi kortisol yang merupakan penanda stres.

5. Mengambil wudu dan salat.

Air yang mengenai kulit saat berwudu akan mendinginkan sekaligus menyegarkan tubuh dan pikiran. Sedangkan salat, yang dikerjakan di musala tempat kerja, akan menata kembali pikiran, emosi, semangat, dan keikhlasan kita dalam bekerja.

Demikian 5 tips mengelola stres di tempat kerja. Penting untuk mengelola stres agar kita tetap bersemangat dan segar, sehingga kinerja kita dapat memuaskan atasan dan klien. (Pat)

""
""
""
LAINNYA